
So.. gua pribadi sebenarnya pengen nyelesaiin hari Kamis
yang indah ini dengan nyicipin Tales from the Borderlands buat
kepentingan review besok. Excited, karena sebagian besar review yang
keluar di media luar ngasih nilai positif yang luar biasa buat game
racikan Telltale yang baru ini dan gua ngerasa, gua harus nilai apa
memang dia worth it atau enggak. Sembari nunggu makan malam yang kagak
kunjung datang, ada satu hal yang menarik perhatian gua pribadi di
timeline Facebook. Seorang teman nge-share soal GTA V, dengan tagline
yang cukup absurd kalau game racikan Rockstar ini mengajari anak zina.
Oke, gua tahu seharusnya enggak perlu reaktif soal beginian. But hell,
ada rasa tanggung jawab untuk ngelemparin sedikit nilai edukasi buat
orang tua di luar sono yang masih kagak ngerti gimana caranya industri
game bekerja. Yang masih punya pemahaman sangat salah soal video game
itu sendiri.
Sorry reaktif, tapi foto yang muncul di timeline gua ini cukup bikin facepalm. Edukasi buat orang awam, apalagi orang tua, gua rasa sangat perlu.
Sebagai counter, untuk memberikan perspektif yang berbeda soal
informasi yang sangat berpotensi “menyesatkan” ini, gua bikin ini
NgeRacau. Tentu saja, niatnya bukan mau nyari ribut or something, tetapi
buat ngasih pencerahan ke orang tua yang selama ini awam soal video
game untuk lebih ngerti industri yang mungkin lagi digandrungi sama
anaknya ini. Gua sangat mengerti kalau judul artikel “GTA V ajari anak
Zina” ini mungkin lahir dari concern sang penulis artikel di majalah
dengan konsep agama tersebut. Gua di sini enggak nyari ribut, tapi mau
ngasih sudut pandang yang berbeda. Lu orang tua? Atau elu punya saudara
atau teman orang tua yang sampai sekarang masih seenak jidat ngasih
anaknya main game apapun? Ini artikel khusus ditujukan ke mereka:
Tidak Semua Game itu Ditujukan untuk Anak-Anak!
Sama
sepertinya enggak semua film itu ditujuin buat anak-anak, video game
juga sama. Lu gak mau anak lu nonton Basic Instinct? And why in the hell, lu mau kasih anak lu main GTA V? Level Basic Instinct itu “Film Dewasa” ya gak beda sama GTA V itu “Game Dewasa”
Ini yang kayaknya gagal dimengerti sama orang tua yang awam banget
sama cara kerja industri game. Persepsi yang sama salahnya dengan “Film
kartun itu film anak-anak”, yang ngaco abis. Begini lho ibu-bapak,
tante-om, industri game itu enggak beda sama industri film. Lu enggak
mungkin ngasih lihat “Brokeback Mountain” atau “Basic Instinct” ke anak
lu yang baru masuk SD atau bahkan belajar baca tulis kan? Hal yang sama
juga terjadi di industri game. Enggak semua game didesain untuk
anak-anak, malah sebagian besar justru memang didesain untuk pasar orang
dewasa. Oleh karena itu, udah pasti banyak game di luar sono, yang
mengandung konten enggak pantas buat anak-anak, seperti halnya Basic
Instinct mengandung konten enggak pantas buat ditonton sama balita. GTA V
salah satunya! Ini franchise game memang enggak pernah ditujukan buat
pasar anak-anak.
Awasi Game yang Dimainkan Anak Anda!
Bingung
game yang dimainin sama anak lu itu cocok umurnya apa kagak? Andelin
situs rating umur macam ESRB atau PEGI buat nyari tahu.
Semua concern orang tua yang awam pasti sama, “Ih, terus gimana
caranya gua tahu anak gua mainin game yang memang pantas buat umurnya
atau enggak?”. Jawabannya sederhana bapak-ibu (gua mulai berasa kayak
jualan obat), lu bisa ngunjungin situs rating umur untuk nyari
sebenarnya untuk kelompok umur berapa game yang lagi dimainin sama anak
lu.
Lu bisa ke ESRB atau PEGI, dan manfaatin kolom search di
masing-masing situs tersebut. Tinggal tulis nama gamenya, voila!
langsung akan kelihatan itu sebenarnya game buat umur berapa. Tinggal
nyesuaiin deh sama umur anak lu, kira-kira pantas atau enggak buat
mainin itu game.
Rating umur ini biasanya bentuknya cuman huruf atau angka yang
tercetak di cover depan game yang lu beli. GTA V ini punya rating umur
“M” di depannya, yang berarti Mature alias untuk dewasa, yang berarti
dia memang enggak ditujuin buat anak-anak. Tapi kalau sampai anak-anak
lu MAIN dan BELAJAR ZINA dari game ini, itu sih kelalaian lu sebagai
orang tua buat enggak mahamin kalau video game itu punya namanya RATING
UMUR buat jelasin mana game yang pantas atau tidak pantas buat anak lu.
Ini kalau di-skenarioin sih enggak beda:
- Anak: Mama, aku mau nonton Basic Instinct dulu yak!
- Mama: Iya, boleh nak..
- Artikel Berita: “Film ini ajarkan anak berbuat zina!”
YOU DON’T SAY!
Jangan Percaya Sama Rating di Tempat Jual Bajakan
Rating umur itu udah kagak berlaku kalau udah masuk ranah bajakan. Orang tua mesti ngecek sendiri ke ESRB atau PEGI.
Nah, udah tahu kan kalau semua game punya rating umur? Udah mulai
cerdas kan nge-research kira-kira game yang lagi dimainin sama anak lu
sekarang memang cocok atau enggak sama umurnya? Oke, basic pengetahuan
lu soal industri game udah dapet. Yang lu butuhin sekarang adalah
pemahaman kalau situasi di Indonesia, bikin ini seleksi jadi sedikit
rumit.
Dengan maraknya pembajakan di Indonesia, lu enggak boleh percaya
langsung sama semua rating umur yang tertera di cover game-game bajakan
karena udah di-modif sedemikian rupa. Sementara untuk game-game
original, huruf atau angka di depan cover gamenya masih bisa dijadikan
sebagai acuan. Bedaiinnya antara game original sama bajakan, gimana?
Simple kok. Kalau lu enggak ngeluarin duit setidaknya Rp 300.000,- /
keping untuk game yang anak lu mau, itu udah pasti bajakan. Game-game
cuman 40.000/keping? Yups itu bajakan dan otomatis bikin semua rating
umur yang tertera di cover-nya jadi enggak relevan lagi.
Yang dibutuhin sekarang adalah kembali ke nomor 2, kepedulian dan
usaha lu buat ngelindungin anak lu sendiri. Kalau ragu ini sebenarnya
game cocok buat anak lu atau enggak? Pergi ke ESRB atau PEGI, tulis nama
game anak lu di kolom search, lihat rating umurnya, tentukan. Sederhana
kan? Enggak sampai 5 menit kok.
Game Online juga Gak Ngaruh
Interaksi game online juga mesti jadi concern orang tua.
Jadi lebih kompleks kalau anak lu, misalnya, ternyata doyannya ke
game centre atau warnet dan mainin game-game online di sono. Kenapa?
Karena rating umur sama sekali enggak berlaku untuk game-game yang
dimainin online gara-gara experiencenya akan sangat bergantung sama
orang-orang yang mereka temui di game yang mereka mainin. Positif atau
negatif? Tergantung interaksi mereka.
Anak lu bisa aja main kuda-kuda poni yang lagi balap sambil nari-nari
cantik pas online, tapi lu gak akan pernah tahu dia main sama siapa di
ujung belahan dunia mana pula. Dengan sedikit ketik di Keyboard atau
suara mic untuk berinteraksi, gamer online yang lain bisa nulis dan
teriak apapun yang mereka mau. Ngomong kotor? Nulis jorok? Bikin anak lu
jadi kepengaruh gara-gara iklim permainan yang negatif banget? Yups,
semua itu juga bisa terjadi. Karena itu, pengawasan bahkan harus lebih
kuat, terutama buat anak-anak yang masih berada di bawah umur dan masih
culun buat sadar diri apa yang dia lakuin. Di momen kayak gini, peran
orang tua selalu dibutuhin.
Enggak Selalu Soal Video Game
Sebelum
menyalahkan segala sesuatunya ke video game, atau menjadikan video game
sebagai “musuh utama”, ada banyak faktor lain yang juga ngaruh.
Sebagai orang-orang awam, memang gampang banget kepengaruh buat
ngebenci video game sebagai industri hiburan. Tiap kali ada kasus
penembakan di Amrik sono, yang disalahin video game. Tiap kali ada
tindak kriminalitas brutal, yang disalahin video game. Tiap kali anak lu
suka berantem di sekolah, yang disalahin video game. Kurang busuk apa
video game? Tapi harus disadarin juga, kalau perilaku anak enggak selalu
bersumber HANYA karena game yang dia mainin. Apa maksud?
Pertama, konten kekerasan bisa datang dari mana aja. Semua hal yang
dia pelajarin, semua hal negatif yang sering dituduhin karena video game
juga bisa mengakar dari aktivitasnya nonton televisi atau dengerin
musik yang untuk alasan enggak jelas, ternyata gagal lu awasin sebagai
orang yang lebih tua. Tiba-tiba suka ngomong kotor, misalnya? Yakin itu
dari video game, dan bukan dari sinetron Indonesia – Cantik Cantik
Bloon, misalnya? Kalau anak lu mukul temennya di sekolah, langsung video
game yang salah? Tunggu dulu. Kedua, bisa jadi karena masalah
psikologis dan dia gagal punya media buat ngeekspresiin diri. Ketiga,
orang tua sendiri gagal komunikasi, gagal ngasih tahu bahwa apa yang dia
mainin di layar kaca itu semuanya fiktif dan tidak seharusnya
dipraktekin di dunia nyata. Intinya adalah? Orang tua harus berperan
lebih besar.
Jadi, apa yang mau gua sampaiin dari random rant ini? Gua cuman mau
memberikan klarifikasi yang lebih jelas soal artikel yang gua temuin di
timeline Facebook ini. Gua tahu ini reaktif, tapi gua ngerasa bahwa ini
memang dibutuhin buat ngasih pemahaman yang lebih kuat bagi banyak orang
awam, terutama bagi orang tua, bahwa video game itu tidak selalu buat
anak-anak. Anak lu main game? Awasin, pelajarin game apa yang mereka
mainin, apakah kontennya sesuai, rating umur yang ia usung ada di mana,
apakah interaksinya sehat atau tidak kalau memang game online? Peran
aktif orang tua yang dibutuhin.
“GTA V Ajari Anak Zina” – 1. Itu bukan game anak-anak. 2. Kalau
sampai anak-anak bisa “belajar zina” dari ini game, itu udah pasti
kelalaian orang tua. 3. Bisa berhenti menuduh soal sesuatu tanpa
research lebih dalam? Thank you.
Sumber : Jagatplay
Credit to : Pladidus Santoso
Sorry reaktif, tapi foto yang muncul di timeline gua ini cukup bikin facepalm. Edukasi buat orang awam, apalagi orang tua, gua rasa sangat perlu.
Sama
sepertinya enggak semua film itu ditujuin buat anak-anak, video game
juga sama. Lu gak mau anak lu nonton Basic Instinct? And why in the hell, lu mau kasih anak lu main GTA V? Level Basic Instinct itu “Film Dewasa” ya gak beda sama GTA V itu “Game Dewasa”
Bingung
game yang dimainin sama anak lu itu cocok umurnya apa kagak? Andelin
situs rating umur macam ESRB atau PEGI buat nyari tahu.
Rating umur itu udah kagak berlaku kalau udah masuk ranah bajakan. Orang tua mesti ngecek sendiri ke ESRB atau PEGI.
Interaksi game online juga mesti jadi concern orang tua.
Sebelum
menyalahkan segala sesuatunya ke video game, atau menjadikan video game
sebagai “musuh utama”, ada banyak faktor lain yang juga ngaruh.
Sundul gaannn
BalasHapus